Jumat, 11 Desember 2015

Waspadailah !!! 3 Makanan dan Minuman Pemicu Kanker


Waspadailah !!! 3 Makanan dan Minuman Pemicu Kanker - Pemicu kanker sebrnarnya bisa disebabkan oleh banyak faktor. Namun penenlitian baru-baru ini menemukan bahwa konsumsi makanan dan minuman tertentu dapat meningkatkan pertumbuhan sel kanker.


Bahan-bahan tersebut secara umum dapat di bedakan menjadi tiga jenis, antara lain bahan penyebab kanker, kemungngkinan tidak menyebabkan kanker. Inilah  tiga makanan dan minuman yang dapat meningkatkan terjadinya kanker.

1. Daging Merah

Daging merah merupakan salah satu sumber zat besi, protei, dan seng yang baik. Tetapi mengkonsumsi daging merah secara berlebiiah atau makanan berbahan dasar daging merah ternyata dapat meingkatkan resiko kaker usus. Yang dimaksudkan daging merah adalah warna daging yang sebelum dimasak berwarna merah. Contohnya adalah daging spi dan daging kambing.

Konsumsi daging merah atau produk daging secara berlebihan dapat meningkatkan resiko kanker usus. Para ahli menyimpulkan mengkonsumsi 50 gram daging dapat meningkatkan 18 % resiko terkena kanker usus. Selain kanker usus, konsumsi daging secara berlebihan dapat meningkatkan kanker prostat dan kanker prankeas.

Selain itu, mengolah sendiri daging dapat mempengaruhi resiko kanker, diantaranya
  • memanggang daging dapat menyebabkan daging tersebut bersifat karsinogenik atau penyebab kanker. Mengukus dan merebus adalah cara terbaik untuk mengolah daging merah.
  • Potong daging tipis dan buang semua lemaknya. Mensi perlu adanya penelitian lebih lanjut, terdapat bukti bahwa adanya hubungan antara konsumsi lemak dengan resiko terkena kanker payudara pada wanita yang telah masuk masa menopause
  • Hindari lah menjadikan daging merah sebagai menu utama. Sebaikanya konsumsi lah sayur dan gandum sebagai menu utama.

Pada umunya makan daging berlebihan dapat meningkatkan lemak ditubuh, untuk itu usahan sesusah mengkonsumsi daging seharusnya dibarengi dengan olah raga yang cukup dan teratur sehingg lemak ditubuh dapat berkurang, sehingga resiko kanker pun akan berkurang.

2.Makanan Kemasan

 Penelitian menemukan fakta bahwa sebagiam makanan kemasan mengandung bahan akrilamida. Bahan ini terbentuk saat makanan berkarbohidrat digoreng atau dipanggang, contohnya : keripik kentang. Selain itu kemasan vinil klorida juga merupakan bahan yang bersifat memicu kanker.

Dalam makanan kemasan, ternyata terdapat bahan yang samapai saat ini masih dipertanyakan apakah dapat memicu kanker atau tidak, diantaranya:
  • Pemanis Buatan
Aspartam adalah pemanis buatan yang biasa terdapat pada minuman ringan. Terdapat laporan bahwa bahan ini dapat menyebabkan gangguan mood, sakit kepala, tumor otak, dan kejang. Aspartam juga diduga dapat memicu kanker. Namub beberapa penelitian mengungkapkan bahwa aspartam sama sekali tidak memicu kanker.
  • Bahan Pengawet
Sodium biasany terdapat pda beberapa olahan makanan dan minuma. Seperti bahan perwarna makanan, selain diduga dapat meningkatkan anak mengalami hiperaktif, sodium benzoat dapat bereaksi dengan minuman ringan dapat menjadi benzene jika dicampur dengan vitamin c. Bahan inilah yang dapat memicu terjadinya kanker. Setelah diteliti beberapa minuman yang beredar mengandung kadar benzene yang tinggi memilebihi kadar yang dianjurkan.
  • Sodium Nitrit
Ini adalah zat tambahan ini terdapat pada dagingyang diawetkan seperti sosis dan daging kalengan. Diduga mengkonsumsi makanan yang tinggi kadar natium nitrit dapat memicu kanker lambung. Kini bahan ini tak lagi banyak digunakan, karena cukup dengan lemari es untuk mengawetkan daging. Tetapi waspada jika kamu mnegkonsumsi olahan daging dan terdapat bahan ini pada labelnya.

3. Minuman Keras

Mengkonsumsi minuman keras dapat memicu kanker tenggoroka, kanker mulut, kan ker payu dara, kanker hati, dan kanker hati.

Tidak ada satupun makanan, atau obat yang dapat mencegah datangnya kanker. Resiko kanker dapat dikurangi bila menerapkan hidup sehat setiap hari. Mengkonsumsi atau mengolah sendir makanan yang kaya akan serat seperti sayur dan muah setidaknya lima porsi dapat mengurngi resiko terjadinya kanker.

Perbanyaklah mengkonsumsi protein dari sumber yang lebih sehat seperti ika, telur, kacang-kacangan. Sebaliknya, batasi mengkonsumsi makanan dan minuman dengan kadar gula tinggi, berhenti merokok, dan berhenti minum minuman keras.


Demian ulasan mengenai Waspadailah !!! 3 Makanan dan Minuman Pemicu Kanker semoga bermanfaat dan sehat selalu.

0 komentar:

Posting Komentar